Laman

Minggu, 01 Januari 2012

elemen mesin

SAMBUNGAN ELEMEN MESIN

       Suatu mesin merupakan atau penggabungan dari banyak elemen dimana satu elemen dihubungkan dengan elemen lainnya dengan cara menggunakan sambungan -sambungan yang digunakan dengan elemen lainnya denan cara menggunakan sambungan. sambungan yang digunakan dapat dalam bentuk sliding ataupun dalam bentuk fixed. sambungan dalam bentuk slliding dapat berupa : batang penggerak piston (coneccting rod), cam and follower, poros dan bantalan. pasangan roda gigi, sabuk (belt), rantai (chain) dan lain-lainnya. sambungan fixed biasanya berupa bentuk pengikat antara satu elemen dengan elemen yang lainny. pengikat elemen dapat bersifat tetap permanen (permanent join) atau bersifat sementara (detachbel joint) yang dapat dilepas saat tanpa menimbulkan kerusakan berarti pada sambungan.

sambungan elemen mesin terbagi 2 yaitu :

  1. sambungan tetap
  2. sambungan tidak tetap
sambungan tetap dengan contoh, paku keling, las, solder/patri, adhesif, susut-tekan. dan contoh dari sambungan tidak tetap
seperti ulir-sekrup, pasak, dan splin, cotter dan pin.


1.1 Sambungan paku keling
      sambungan paku keling merupakan sambungan yang permanen dan pada awalnya penggunaan paku keling banyak dijumpai pada kontruksi ketel uap, kapal laut, pesawat udara, jembatan dan lain lain.

gambar 1.1 cara memukul paku keling dengan baik



gambar 1.2 macam-macam paku keling













          bahan paku keling terbuat dari paku baja lunak dan kadang-kadan juga dibuat dari baja paduan. Ada juga paku keling yang terbuat dari tembaga, kuningan, aluminium, dan bahan-bahan lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar